Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan sebuah pertanyaan di kolom komentar saya. Lebih tepatnya di artikel ini. Dia bertanya bagaimana caranya mengatasi mau muntah ketika minum susu.

Bagaimana yah?

Sebelum lanjut ada satu hal yang saya pikirkan mengenai pertanyaan tersebut. Ketika dia bertanya seperti itu atau bahkan kamu juga yang sedang membaca artikel ini artinya kamu tidak mau lepas dari meminum susu.

Ya logikanya kalau kamu emang gak mau terus-terusan muntah ketika minum susu pasti kamu gak nyari cara untuk menanggulanginya.

Nah ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa kita mau mentah ketika minum susu, apa saja itu?

Dilansir dari alodokter.com ada 5 penyebab mengapa kita merasa mau muntah ketika minum susu. yaitu

1. Alergi Susu

Ya hal ini bisa saja terjadi, mungkin faktor keturunan. Atau bisa juga karena salah mengonsumsi susu ketika waktu kecil.

2. Intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa pada susu berbeda dengan alergi susu. Kebanyakan yang dialami orang adalah intoleransi laktosa karena tubuh tidak mampu mencerna laktosa.

Intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna gula laktosa yang terdapat dalam susu dan produk susu lainnya seperti keju, yoghurt, butter, susu kering dan bubuk, whey, dadih susu.

Laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat yang dapat dipecah menjadi bentuk lebih sederhana yaitu galaktosa dan glukosa. Laktosa ada di dalam kandungan susu, dan merupakan 2-8 persen bobot susu keseluruhan.

Dilansir dari Kidshealt intoleransi laktosa ditandai dengan :

  1. Mengalami gejala mual
  2. Kram perut
  3. Rasa sakit diantara dada dan perut
  4. Kembung
  5. Perut penuh gas
  6. Diare setelah 30 menit-2 jam mengonsumsi sesuatu yang mengandung laktosa.

3. Gangguan asam lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. 

Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

4. Minum susu yang tidak hangat

Meminum susu yang dingin ternyata dapat

Susu hangat bisa membantu melancarkan sistem pencernaan kita.

Kalau sedang sakit perut atau bahkan diare, susu hangat bisa meredakan sakitnya sehingga kita tidak merasa kembung lagi.

5. Keracunan

Keracunan pada susu bisa jadi disebabkan karena susu nya basi. Jadi sebelum meminum susu pastikan kamu sudah memeriksa tanggal kadaluarsa

Nah sekiranya itulah 5 alasan Mengapa kita mau muntah minum susu.

Beberapa saran untuk kamu yang mengalami hal ini

  • Hentikan meminum susu jenis apapun
  • Minum air hangat agar bisa mengurangi mual
  • Sebelum minum susu hendaknya lihat tanggal kadaluarsa susunya pada kemasannya
  • Jika muntah terus berlangsung segera periksakan ke dokter

Kalau masih belum teratasi sih, saatnya untuk bangkit dan hijrah menuju gerbang kopi. Hehehe

Sekian Untuk Artikel Mengapa Saya Mau Muntah Ketika Minum Susu?