Search
Yuk Konsumsi Sayur dan Buah Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Yuk Konsumsi Sayur dan Buah Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Buat kamu  yang tidak suka mengonsumsi sayur dan buah jangan langsung di close yah. karena sebentar lagi kamu bakalan sadar, betapa meruginya kamu selama ini yang telah mengabaikan  sayur dan buah.

Saya juga heran, mengapa orang Indonesia masih sangat sedikit mengonsumsi sayur dan buah. Data di bawah ini akan menunjukan ilustrasi jumlah pengonsumsi sayur dan buah dari tahun 2014-2018…

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Menurut  Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2014 masyarakat Indonesia mengonsumsi sayur sebanyak 250 gram. Dan pada tahun 2018 ini turun menjadi 180 gram per orangnya.

Sedangkan WHO secara umum menganjurkan untuk mengonsumsi sayuran sejumlah 400 gram per orang setiap harinya, yang terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan)

dan 150 gram buah (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang).

Wah, berarti kurangnya jauh dong…

Sangat Jauh.

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

“Alah, ngawur kamu ah. Jelas-jelas orang Indonesia saya perhatiin banyak yang mengonsumsi sayur dan buah.”

Ett, data di atas bukan sembarang data ya. Data tersebut disampaikan oleh Sobir seorang Ahli Buah Tropika dari IPB. dikutip dari Sindonews.com Sobir menyampaikan bahwa.

“Buat ukuran orang Indonesia yang mempunyai kecenderungan sakit degeneratif, stroke, cancer. konsumsi buahnya hanya 35,8 kg per kapita per tahun. Padahal untuk standar kesehatan dunia itu harus 73 kg per kapita. Masih setengahnya.”

 

Sebenarnya, apa sih yang menjadi faktor kurangnya Konsumsi Sayur dan Buah di Indonesia?

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Bukan hanya sekedar anak-anak jaman sekarang kok, saya juga dulu merasakan bagaimana caranya mencari ide untuk menghindar dari ajakan ibu saya ketika disuruh makan sayur.

Apa ya penyebabnya, mengapa anak kecil agak sedikit takut dengan Sayur dan Buah?

Sebenarnya mereka bukan takut, melainkan mereka menganggap ada makanan yang lebih enak dan lebih menarik dimakan dibandingkan mengonsumsi sayur dan buah. Terlepas dari itu, bisa jadi juga pola pikir mereka yang menganggap bahwa sayur dan buah itu kotor dikarenakan ditanam di tanah…

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?
 Anak Tidak Suka Makan Sayur | Source : Kompasiana.com

Yah, maklumlah namanya juga anak kecil.

Ini seharusnya menjadi tantangan bagi orang tua. Bagaimana cara mereka mendidik anak mereka agar menyukai dan gemar mengonsumsi sayur dan buah. Berikut tips dari bintama.com

  • Ciptakan sebuah cerita betapa banyaknya manfaat Sayur dan Buah

Kalau orang tua hanya sekedar menjelaskan manfaat sayur dan buah hanya secara formal yakin deh anak tidak akan mendengarkannya. Contohnya gini

“Nak, kamu harus konsumsi jeruk! Karena jeruk ada Vitamin C nya…”


Yakin setelah menjelaskan itu anak akan langsung mengonsumsi jeruk?

Saya yang sudah bukan anak-anak lagi saja merasa bahwa penjelasan seperti itu sangatlah membosankan. Jadi gimana dong…

“Nak, Kamu tahu nggak Superman sehat dan terus bugar karena mereka sering mengonsumsi Jeruk, di Jeruk itu terdapat Vitamin C. Makanya Superman selalu sehat, bugar, dan matanya gak pernah kelilipan kena debu ketika terbang…”


Saya paham sih itu garing, saya juga paham itu bohong.

Bukan maksud saya untuk mengajari berbohong. Tapi anak butuh dimanja. Bukan Siti Badriah aja ya yang suka dimanja.

Intinya gini, selalu kaitkan ajakan orang tua kepada anak dengan hal yang mereka sukai. Karena ketika mereka menyukai sesuatu mereka pasti ingin menjadi seperti hal yang mereka sukai itu.

Dengan begitu, dialog kedua bisa diandalkan sebagai ajakan untuk mengonsumsi sayur dan sebagai langkah untuk mendekatkan diri kepada anak.

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

“Kamu itu berlendir, pahit, dekil, jangan dekat-dekat aku!

Sebenarnya sayur itu bukan gak enak, tapi emang persaingan makanan untuk dimakan itu semakin ketat gengs. heheh

Yah, bukan jadi rahasia umum lagi sih ketika orang-orang dihadapkan dengan makanan prasmanan makanan yang bakal mereka incer pertama kali adalah Ayam Goreng, Kue, Nugget, dan lain sebagainya.

Kalau emang ada orang yang bakalan ngincer sayur pertama kali sih, itu hebat banget.

Karena itu, Sayur itu enak kok rasanya. Suer.

Meskipun ada yang pahit, asem, manis, banyak lendir, dan lain-lain setidaknya Sayur dan buah mengajarkan kita bagaimana caranya menerima keberagaman. πŸ™‚

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Faktor yang ketiga menjadi salah satu faktor sangat krusial. Mengingat bahwa angka kemiskinan di Indonesia pada Maret 2018 mencapai 25.29 Juta Orang. (bps.go.id)

Oke deh kalau sayur masih ada yang mudah di cari, seperti daun ubi. Akan tetapi kalau buah? gak semua orang bisa makannya setiap hari pak. Apalagi buat orang yang kurang mampu.

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Nah ilustrasi di atas mengibaratkan orang kaya dan orang yang kurang beruntung untuk menjadi kaya dalam pola makan Sayur dan Buah.

Kita bisa memperhatikan, Sayur dan Buah bagi orang kaya itu adalah hal yang biasa dan sangat mudah di dapatkan. Sedangkan untuk orang yang kurang berada?

“Saya cari buah busuk dulu pak biar bisa makan buah…”

 

Nah, ketiga faktor di atas hanya sekedar contoh. Masih banyak faktor-faktor yang lainnya. Intinya sih komsumsi sayur dan buah sesuai aturan agar tubuh lebih sehat itu kembali ke diri kita masing-masing.

Selagi ada niat, selalu ada jalan.

“Tapi, Sekarang saya ragu pak mengonsumsi sayur dan buah. Mengingat banyak sayur dan buah yang oplosan.”

Ha? emang itu minuman keras?

“Gak pak, maksudnya Sayur dan Buah sekarang udah gak ori lagi.”

Ori? Emang itu sepatu?

“Heheh, bercanda pak. Saya ragu menyajikan Sayur dan Buah untuk keluarga saya, banyak sayur dan buah yang udah busuk masih dijual di pasaran, banyak buah yang suntikan, banyak yang ada cacingnya, dan terkadang kriputan pak. Saya takut keluarga saya bukannya sehat malah jatuh sakit.”

 

Waduh-waduh….

Sekarang siapa yang salah? Presiden? Petani? Penjual?

Stop bahas soal siapa yang salah. Tapi bagaimana cara kita mencari solusi agar nantinya Sayur dan Buah di Indonesia menjadi lebih berkualitas.

Kalau membahas mencari solusi ada baiknya kita perhatikan terlebih dahulu orang-orang yang berperang di dalamnya.

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Nah dari gambar di atas kita semua seharusnya sadar bahwa Sayur dan Buah yang berkualitas akan berawal dari Bibit yang sehat dan berkualitas.

Iya sih saya paham, percuma bibitnya sehat dan berkualitas kalau petaninya mudeng. Dan pada akhirnya kalau petaninya gak beres alhasil sayurnya juga jadi gak beres.

kita pikir gini, kalau petaninya  baik akan tetapi menanam  bibitnya yang tidak berkualitas sama saja hasilnya nihil.

Akan tetapi, kalau posisi bibitnya berkualitas kita masih bisa berharap akan mendapatkan petani yang baik.

Dan sekarang, muncul pertanyaan besar.

Dari mana kita bisa mendapatkan bibit yang berkualitas?

Satu-satu nya jawaban yang bisa saya jawab secara tegas adalah PANAHMERAH.ID

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Ehh, Apaan tuh? Sahabat Petani Yang Paling Baik?

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Gampangnya sih gini, Panahmerah.id merupakan penyedia bibit sayur dan buah berkualitas

Nah dengan begini artinya Panahmerah.id dapat membantu meningkatkan kualitas sayur dan buah di Indonesia. 

Dan Kalau sayur dan buahnya sudah berkualitas tentunya konsumsi sayur dan buah juga akan meningkat.

Semenjak ada Panahmerah.id saya terus berharap agar kedepannya kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dengan mengonsumsi Sayur dan Buah yang sehat,segar, serta berkualitas.

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?
Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Apa aja sih Produk Yang ada di PanahMerah.ID

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Bagaimana Cara Mendapatkan Produknya?

Saya Sempat menghubungi admin dari PanahMerah.id untuk menanyakan bagaimana cara membeli Produk di PanahMerah.id

Ternyata di respon! Membuktikan bahwa admin dari Panahmerah.id sangat ramah. Pesannya seperti ini

Mengapa Orang Indonesia Sedikit Mengonsumsi Sayur dan Buah?

Kurang Paham? 

Saya juga mengambil screenshot langsung dari website panahmerah.id

Intinya sih, kita tidak bisa membelinya langsung secara Individu. Akan tetapi jangan khawatir, kita bisa membelinya di  toko terdekat seperti Super Indo, Alfamidi, dan Ace Hardware.

…”Saya tidak punya banyak waktu luang pak untuk membelinya di toko-toko tersebut, mana jaraknya jauh lagi.”

Jangan khawatir, kita juga bisa membeli secara online melalui situs toko online tokotrubus.co.id. 

Nah, buat kamu yang beli langsung saja mengunjungi tokotrubus.co.id dengan klik tombol di bawah


Beli Produk Panahmerah.id

Saya pribadi berharap, dengan adanya produk dari Panahmerah.id ini bukan hanya sekedar membantu Petani untuk mendapatkan Sayur dan Buah yang berkualitas, akan tetapi efeknya juga berpengaruh terhadap kehidupan di Indonesia.

Yang dulunya makan buah seminggu satu kali, sekarang bisa makan setiap hari.

Yang dulunya sering mengonsumsi sayur  dan buah yang busuk, sekarang bisa mengonsumsi sayur dan buah yang sehat dan berkualitas.

Total
1
Shares
Join the discussion

2 × 3 =

21 comments

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.