Indonesia Maju? Mulai dari Sumber Daya Manusianya dulu

Indonesia Maju? Mulai dari Sumber Daya Manusianya dulu

Summary:

“Jika Anda ingin mamkur pada tahun ini, tanamlah biji.
Jika Anda ingin makmur selama sepuluh tahun, tanamlah pohon.
Jika Anda ingin makmur selamanya, kembangkanlah sumber daya manusia.” ─Peribahasa

Saya hampir bisa mengingat dengan baik momen ketika saya mencalonkan diri sebagai ketua osis pada saat sekolah menengah atas dulu.

Hari itu, kami melaksanakan debat antar calon ketua osis─yang berjumlah 3 orang, termasuk saya pribadi.

Salah satu ucapan saya yang paling banyak mengundang tepuk tangan siswa-siswa di sma kami kala itu adalah kutipan peribahasa di atas yang saya dapatkan dari buku Personal Leadership tulisan Richard W. James

Dalam buku itu, di awal-awal Richard James juga menuturkan bahwa untuk menjadikan cita-cita besar terwujud dalam milenium ini sebagai individu dan juga sebagai organisasi dunia diperlukan lebih banyak Sumber Daya Manusia yang proaktif dan bergairah dalam mencapai keberhasilan yang paling baik bagi semuanya.

Mari kita sederhanakan maksud Richard─ Dalam rangka menciptakan dan mewujudkan pembaharuan bagi manusia, harus lah di mulai dengan memberikan pembaharuan bagi manusia itu sendiri terlebih dahulu.

Elemen-elemen yang tuhan ciptakan untuk dunia ini, tidak bisa dikendalikan hanya dengan satu jurus saja. Perlu berbagai ajian dan jurus agar mampu mengendalikan setiap elemen yang memang sengaja tuhan berikan kepada manusia untuk di olah.

Tuhan sedang tidak bercanda ketika menciptakan dunia, maka dari itu, untuk memaksimalkan setiap pemberian tuhan di alam semesta ini, manusia butuh lebih banyak keseriusan. Click To Tweet

Sumber Daya Alam di Indonesia adalah bukti nyata dari ketidakbercandaan tuhan ketika menciptakan dunia ini.

Saking melimpahnya Sumber Daya Alam yang ada di Indonesia, sekalipun sudah dijajah dan banyak dirampas oleh Belanda dan Jepang dahulu, Sumber Daya Alam yang ada di Indonesia tetap masih diperhitungkan banyak oleh dunia.

Sumber daya alam yang melimpah adalah karena tuhan mengkaruniakannya kepada Indonesia. Sekarang giliran kita untuk menciptakan Sumber daya manusia yang unggul untuk membersamai dan memanfaatkan dengan baik karunia tuhan itu.

Tri Bintang Utama

Banyak dan melimpah bukan menjadi alasan untuk Indonesia menganggap ringan kemungkinan sumbernya habis.

Apakah ada cara agar SDA nya tidak habis-habis?

Andaikan saja sumber daya alam itu seperti kuota, barangkali setiap bangsa sudah berlomba-lomba untuk membeli paket unlimitednya.

Sayangnya, ini adalah sumber daya alam. Yang jelas-jelas pada waktunya akan habis juga.

Oleh sebab itulah, dari pada mencari-cari cara bagaimana agar SDA nya tidak habis-habis, ada baiknya kita mulai mengolah dan memanfaatkan sebaik mungkin Sumber Daya Alam yang ada sekarang.

Pernahkah teman-teman berpikir untuk mengolah sumber daya alam yang ada sekarang agar bisa dimanfaatkan menjadi alternatif ketika sumber daya utamanya habis?

Emangnya bisa?

Tentu saja bisa. Tergantung dari yang mengolahnya.

Seperti yang saya sebutkan di atas, untuk memulai perubahan bagi manusia haruslah di mulai dari manusia itu sendiri.

Berdasarkan data Worldometers, Indonesia saat ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 269 juta jiwa atau 3,49% dari total populasi dunia. Yang mengartikan bahwa Indonesia menduduki peringkat keempat negara dengan populasi terbanyak di dunia.

Dari data di atas kita bisa memahami bersama-sama bahwasahnya penduduk di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah. Hal ini bisa jadi bukan kabar yang baik, karena dapat berpotensi meningkatkan angka pengangguran.

Akan tetapi apabila Sumber Daya Manusianya dapat diolah dengan baik tentu itu malah mendatangkan kekuatan tersendiri bagi Indonesia.

Pendidikan Anak Usia Dini

Untuk memulai perjalanan membuat SDM di Indonesia unggul ada baiknya kita mulai sejak anak masih berusia dini.

Selama ini anak-anak di Indonesia di didik berdasarkan apa yang menurut agama baik. Seperti akhlak, beriman kepada tuhan, serta memiliki adab yang baik.

Saya beranggapan bahwa tidak ada salahnya jika sejak awal anak-anak di ajarkan tentang hal-hal lainnya, seperti pengetahuan terhadap alam semesta, pengetahuan seputar hewan dan tumbuhan, serta banyak lagi.

Orang tua juga harus cakap untuk memancing kemana arah minat dan bakat si anak. Dengan begitu, anak-anak bisa diajarkan dan diberikan soft skill sejak dini. Seperti musik, bahasa program, melukis, dan lain sebagainya.

Ketika anak sudah diajarkan dan dilatih soft skill sejak dini, maka seiring berjalannya waktu soft skill itu akan semakin baik dikuasai oleh si anak.

Sex Education untuk Anak

Seperti yang kita ketahui, Sex Education masihlah tabu di Indonesia. Padahal memberikan Sex Education kepada anak sangat penting untuk pertumbuhan dan self protected si anak.

Salah satu alasan maraknya kasus pelecehan seksual adalah karena kurangnya pehaman anak mengenai Sex. Mereka belum tahu bagian mana saja yang boleh di sentuh dan bagian mana saja yang tidak boleh di sentuh lawan jenisnya.

Apa hubungannya Sex Education dengan proses membuat SDM yang unggul?

Ketika pelecehan seksual terjadi terhadap anak yang belum mengetahui bahwa itu adalah pelecehan dan ketika mereka sudah mengetahui bahwa tubuhnya sudah dilecehkan mereka akan menyesal dan tidak jarang yang patah semangat bahkan memutuskan untuk bunuh diri.

Oleh sebab itulah, dalam proses membuat SDM di Indonesia menjadi lebih unggul tidak ada salahnya orang tua juga memberikan Sex Education kepada anak.

Pelatihan untuk Meningkat Soft Skill

Kita tentu tidak bisa hanya sekadar mengandalkan pendidikan formal di sekolah terus mendapatkan ijazah, dengan harapan ijazah itu akan mempermudah kita mendapatkan pekerjaan.

Sayangnya, kehidupan saat ini tidak bisa hanya mengandalkan pangkat saja. Beberapa perusahaan membutuhkan CV dan Portofolio sebagai tolak ukur kualitas orang tersebut.

CV dan portofolio ini bisa menarik perhatian perusahaan ketika isinya menarik. Untuk memiliki CV dan portofolio yang berhasil membuat orang tertarik tentu terlebih dahulu kita memerlukan soft skill.

Semisal pernah membuat website, membuat aplikasi android, dan lain sebagiannya.

Apabila Indonesia sudah memiliki Sumber Daya Manusia yang unggul tentu akan mudah membawa Indonesia menjadi negara maju dan mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045.

Jumlah penduduk yang sebanyak itu tidak akan sekedar jumlah angka saja, dengan adanya Sumber Daya Manusia yang unggul, setiap warga negara indonesia akan berlomba-lomba menjadikan Republik Indonesia lebih baik lagi. Dan bisa mengolah Sumber Daya Alam dengan baik.

Written by
Tri Bintang Utama
Join the discussion

four × four =

Tri Bintang Utama

Founder of Islamiah.id
Founder of Bingungonline.com

Pinterest Profile