Destinasi Wisata Kabupaten Ogan Ilir | Ogan Ilir, atau yang lebih dikenal dengan Caram Seguguk. Merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Meskipun tergolong kabupaten baru, Ogan Ilir sudah memiliki banyak Destinasi Wisata yang sangat keren dan patut dikunjungi.

Kalau dari Palembang ke Ogan Ilir berapa kilo meter ya? Kesananya naik apa nih?

Tenang-tenang, Ogan Ilir merupakan kabuten yang dekat dari Ibukota Sumatera Selatan. Jadi soal transportasinya sangat mudah.

Destinasi wisata ogan ilir

Nah, kita bisa menggunakan jalan tol biar jalannya lebih cepat. Tapi buat kamu yang pakai kendaraan roda dua, tenang saja masih ada jalan umumnya kok.

Baiklah dari pada berlama-lama, mari kita bahas Destinasi Wisata Kabupaten Ogan Ilir

1. Makam Pahlawan Said Umar Baginda Sari

Said Umar Baginda Sari adalah tokoh penyebar agama islam di daerah Tanjung Batu. Dalam kegiatan sehari-hari, disamping mengajarkan gama Islam, Said Umar Baginda Sari juga berdagang. Selanjutnya dari sini agama Islam menyebar ke daerah-daerah lain.

Destinasi wisata ogan ilir

Akhirnya setelah menunaikan tugasnya sejak akhir abad ke-enam belas Masehi. Sebagai pembawa, penyebar dan pahlawan Islam, Said Umar Baginda Sari beliau diberi gelar Ratu Penembahan dan meninggal dunia serta dimakamkan di sebuah pulau di seberang dusun Tanjung Atap.

Tempat ini sangat cocok buat kamu yang mau berwisata sekalian berziarah. Jadi dapat double keuntungan tuh.

Mahkam Pahlawan Said Umar Baginda Sari beralamatkan di

Tj. Atap, Tj. Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30664

Gimana, berminat untuk ketempat ini?

2. Pantai Jodoh

Ada Cerita unik di balik destinasi wisata ogan ilir yang satu ini. Konon, katanya apabila ada pasangan terutama pasangan muda-mudi yang belum menikah datang kepinggiran pantai ini maka hubungannya akan langgeng dan berlanjut ke jenjang pernikahan.

Destinasi wisata ogan ilir

Tempat yang satu ini sangat cocok menjadi destinasi wisata liburan bersama keluarga. Selain udaranya  yang sejuk kita juga bisa menikmati suara desah-desuh airnya yang mengalir.

Terlepas dari itu, banyak para fotografer yang mengklaim tempat ini cocok sebagai tempat pengambilan foto prawedding.

Pantai Jodoh beralamatkan di

Serijabo, Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30661

Gimana, mau ambil foto prawedding di pantai jodoh?

3. Danau Teluk Putih

Salah satu wisata air yang sangat asik dikunjungi. Terlepas dari indahnya Danau Teluk Putih, disekelilingnya banyak terdapat pohon-pohon yang begitu rindang. Semua keindahan alam tersebut membuat siapa saja yang mengunjungi bakalan betah di sana.

Destinasi wisata ogan ilir

Akan tetapi sangat di sayangkan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir belum melirik secara penuh salah satu tempat wisata di ogan ilir.

Hal ini mampu dibuktikan dengan kurangnya fasilitas bermain air yang ada di danau tersebut.

Danau Teluk Putih beralamatkan di

Sakatiga, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862

Berniat buat ke Danau Teluk Putih?

4. Danau Teluk Seruo

Tidak kalah dengan Danau Teluk Putih, Danau Teluk Seruo menjadi salah satu tempat wisata sumatera selatan yang sangat digemari muda-mudi di Ogan Ilir. Lantaran tempat ini sangat cocok dipilih sebagai spot selfie.

Air di danau ini pun membiru, seolah sejiwa dengan langitnya. Terlepas dari itu, di Danau Teluk Seruo juga dilengkapi Jogging Track, Pedestrian, dan juga spot santai untuk menikmati keindahan Danau Teluk Seruo.

Nah buat kamu yang mau berkunjung kesini, Danau Teluk Seruo beralamatkan di

Sakatiga Seberang, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30664

Yuk main kesini bareng aku…

5. Universitas Sriwijaya

Ya memang ini adalah Universitas. Akan tetapi, tidak sedikit dari penduduk kabupaten ogan ilir yang mengklaim bahwa Universitas Sriwijaya merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi.Destinasi wisata ogan ilir

Setiap sorenya, baik hari libur maupun tidak sangat banyak orang yang berkunjung ke Universitas Sriwijaya untuk bersantai, berolahraga, kumpul komunitas, dan tidak sedikit mahasiswa-mahasiswa yang membuka stand jualan.

Jualannya pun sangat beragam, ada buku, aksesoris, dan lain sebagiannya.

Selain Pantai Jodoh, Universitas Sriwijaya juga cocok sebagai alternatif untuk foto prawedding.

Hayo yang jomblo cepat-cepat cari pasangan ya biar bisa ambil foto prawedding di Universitas Sriwijaya.

Universitas Sriwijaya Indralaya beralamatkan di

Jl. Raya Palembang-unsri KM 32 Inderalaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Jogging di sini asik lohhh

6. Danau Lebung Karangan

Masih dalam kategori wisata perairan, Danau Lebung Karangan menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Akan tetapi, warga setempat mengatakan tempat ini mulai tidak layak untuk dijadikan tempat wisata. hal ini dikarenakana akses jalan ke Danau Lebung Karangan yang kurang mendukung.

Destinasi wisata ogan ilir

Akan tetapi, kalau kalian beramai-ramai sangat disarankan untuk mampir kesini. Terlepas dari sejuk nan asri, aura alamnya terasa banget.

Danau Lebung Karangan beralamatkan di

desa Sejaro Sakti Kecamatan Indra Laya, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan.

gimana tertarik untuk berekspedisi di Lebung Karangan?

7. Agro Techno Park

Agro Techno Park merupakan pengembangan dari Agrowisata yang berbasis teknologi. Tempat wisata Agro techno park hingga kini terus dikembangkan. Artinya ada niatan serius untuk mengembangkan serta memajukan Agro Techno park.

Destinasi wisata ogan ilir

Perkembangan tersebut mulai dari sektor Pertanian, Perikanan, Perkebunan, serta Perternakan.

Wisata yang satu ini sangat cocok sebagai pilihan wisata bersama anak-anak. Terlepas dari berekreasi, kita juga bisa mendapatkan edukasi di Agro Techno Park

Agro Techno Park beralamatkan di

Bakung, Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862

Yuk berwisata sambil beredukasi di Agro Techno Park

8. Makam Pangeran Sido Ing Rejek

Pangeran Sido Ing Rejek merupakan Raja Palembang XI setelah menggantikan ayahnya yang bernama Pangeran Sido Ing Pasarean pada tahun 1653-1659.

Sejarah mencatat bahwa Pangeran Sido Ing Rejek merupakan pemimpin yang tanggu dalam serta berani dalam melawan Koloni Belanda.

Akan tetapi pada tahun 1659, Keraton Kuto Gawang tempat singgasana yang dipimpinnya hancur. Hingga akhirnya sang pangeran memutuskan untuk berpindah ke Indralaya dan menjadi Sultan Indralaya. Hingga akhir hayatnya Pangeran Sido Ing Rejek menetap di Sakatiga dan dimakamkan di sana pula.

Nah, buat kamu terkhusus warga ogan ilir dan sumatera selatan yuk berziarah di makan Pangeran Sido Ing Rejek yang beralamatkan di

Desa Saka Tiga, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera selatan.

Gimana niat berziarah kesini?

9. Masjid Bajumi Wahab

Nama Bajumi Wahab diambil dari seorang pengusaha yang sangat terkenal di Palembang. Beliau mewakafkan tanahnya untuk membangun Masji ini. Dan yang membangun masjid ini adalah anak keturunan dari H. Bajumi Wahab sendiri.

Terlepas dari keindahan masji bajumi yang modern masih ada area persawahan yang menambah nilai plus buat masjid ini.

Karena posisinya  yang strategis dan sangat ikonik, Masjid Bajumi menjadi salah satu ciri khas Kabupaten ogan ilir.

Masjid ini beralamatkan di

Tanjung Sejaro, Indralaya, Ogan Ilir Regency, South Sumatra 30662

10. Monumen Perjuangan Rakyat

Sebuah patung yang menjadi Bukti banyaknya masyarakat ogan ilir yang kehilangan nyawa dalam proses melawan koloni belanda. Tidak sedikit orang yang berkunjung di sini untuk berfoto dan mengabadikan.

Destinasi wisata ogan ilir

Berada ditengah-tengah simpang tiga jalan raya, sehingga tidak sulit untuk menemui patung ini.

Alamatnya ada di

Jl. Lintas Sumatra No.468, Timbangan, Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862

Yuk kita selfie disini

11. Pantai Supi

Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang menjadi favorit para wisatawan lokal. Di Pantai Supi ini kita bisa bermain air, berenang, bermain pasir, dan lainnya

Destinasi wisata ogan ilir

Airnya pun cukup jernih, sehingga memang layak untuk menjadi tempat berenang

Pantai Supi beralamatkan di

Sungai Pinang I, Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30661

Yuk berenang di Pantai Supi

12. Tanjung Putus

Orang-orang bilang, Tanjung Putus akan menjadi Danau dadakan ketika musim hujan, dan akan menjadi padang rumput yang asri ketika musim kemarau. Wah keren kan.

Destinasi wisata ogan ilir

Spot selfi dan spot munggu senja yang sangat baik. Tanjung putus menjadi salah satu destinasi wisata ogan ilir yang cukup banyak digemari remaja di ogan ilir.

Tanjung Putus beralamatkan di

Indralaya Raya, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862

Yuk main ke Tanjung Putus

13. Masjid Al-Falah

Dibangun pada Abad Ke 13 Oleh K.H Ahmad Hamid atau yang lebih dikenal Usang Sang Sungging. K.H Ahmad Hamid merupakan keturunan dari salah satu kerajaan di pulau Jawa.

Destinasi wisata ogan ilir

K.H Ahmad Hamid memiliki keahlian memahat dan mengukir, hingga akhirnya dibangunlah Masjid Al-Falah

Yang membuat Masjid ini istimewa adalah nilai sejarahnya.

Buat Kamu yang mau berwisata sekaligus beribadah di sini, Masjid Al-Falah beralamatkan di

Jl. Masjid Al- Falah

Tj. Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30664

14. Makam Arya Penangsang

Ada yang menarik di Kabupaten Ogan Ilir, yakni adanya Makam Arya Penangsang di Indralaya. Kok bisa menarik sih, kan itu cuma makam.
Destinasi wisata ogan ilir
Jadi gini banyak masyarakat Jawa yang meyakini bahwa Arya Penangsang itu mati terbunuh. Akan tetapi berdasarkan cerita masyarakat di Ogan Ilir, Arya Penangsang hijrah ke Sumatera Selatan hingga akhirnya meninggal dunia dan dimakamkan di Indralaya.

Arya Penangsang sempat mengganti namanya menjadi Sariman Raden Kuning. Di makam tersebut juga berbaring istrinya yang bernama Siti Rukiah.

Kini makam tersebut menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khusunya wisata sejarah yang memang masih simpang siur terutama bagi masyarakat tanah Jawa.

Nah buat kamu yang penasaran dengan makam ini dan mau berziarah, Makam Arya Penangsang beralamatkan di

Desa Burai Kampung IV, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan

15. Sungai Ogan

Sungai Ogan merupakan dasar dari nama Kabupaten Ogan Ilir. Artinya tak lengkap apabila kamu berkunjung ke ogan ilir tanpa mengunjungi Sungai Ogan. Sungai Ogan adalah anak dari Sungai Musi.

Destinasi wisata ogan ilir

Untuk menyusuri Sungai Ogan kita bisa menyewa Perahu Motor. Tak hanya itu, kita juga bisa sambil mancing loh. Kebayang gak sih gimana nikmatnya liburan menikmati pemandangan sambil mancing ikan?

Nah buat kamu yang mau berkunjung kesini, sungai ogan beralamatkan di

Indaralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan

Oke, itu lah 15 Destinasi Wisata Ogan Ilir yang wajib dikunjungi. Jangan hanya menjadi wisata yang hanya menikmati, mari sambil belajar baik sejarahnya serta manfaatnya.

Buat kamu yang mau mengabadikan momen ketika berkunjung di ogan ilir tapi belum punya kamera, yuk baca Kamera Vlog Terbaik dengan Harga yang Menarik.