Search
18 Destinasi Wisata Lubuklinggau Sumatera Selatan Yang Wajib Dikunjungi

18 Destinasi Wisata Lubuklinggau Sumatera Selatan Yang Wajib Dikunjungi

wisata lubuklinggau

Lubuklinggau menjadi salah satu kota di Sumatera Selatan yang memiliki banyak sekali Destinasi Wisata. Kekayaan alam nya yang begitu melimpah serta kawasan yang masih tampak hijau menjadi salah daya tarik tersendiri mengapa kita harus berkunjung ke Lubuklinggau.

Destinasi wisata yang palik banyak di Lubuklinggau adalah Air Terjun. Kurang lebih ada 6 wisata Air Terjun yang ada di Lubuk Linggau. Wisata semacam ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang ingin mengakrabkan tubuh dengan alam.

Banyaknya tempat wisata di Lubuklinggau tentunya tidak disia-siakan oleh pemerintahnya. Hal ini bisa kita buktikan dengan melihatnya melalui website resmi kota Lubuklinggau yang bisa kamu akses di lubuklinggaukota.go.id.

Pada website tersebut, bagian pariwisata menjadi salah satu hal yang diandalkan pemerintah sebagai potensi daerah guna memajukan kota nya.

Topik mengenai Destinasi Wisata yang ada di Lubuklinggau memang menjadi sebuah pembahasan yang tidak di anggap main-main oleh pemerintahnya. Hal ini ditunjukan pada program pemerintah pada 2015 silam dimana pemerintah melaksanakan Visit Lubuk Linggau 2015.

Secara sederhana, bisa kita ambil kesimpulan bersama-sama bahwasahnya Destinasi Wisata yang ada di Lubuklinggau telah dipersiakan dengan rapi dan terencana.

Oleh karena itulah, tempat-tempat wisata yang ada di Lubuklinggau menjadi tempat wisata yang harus dikunjungi jika kamu bersinggah di Sumatera Selatan.

17 Destinasi Wisata Lubuklinggau Sumatera Selatan Yang Wajib Dikunjungi

1. Masjid Agung As Salam

Untuk daftar yang pertama, mari kita mulai dari destinasi wisata islami. Masjid Agung As Salam, disebut-sebut sebagai Masjid dengan tampilan terbaik yang ada di Lubuk Linggau. Bukan hanya itu saja, masjid ini juga merupakan masjid terbesar yang ada di Lubuk Linggau.

Sekilas jika kita perhatikan dari foto di atas, perpaduan warna antara kuning dan biru nya begitu hidup dan sangat memanjakan mata.

Masjid Agung As Salam ini merupakan salah satu tempat wisata yang diandalkan pada kegiatan Visit Lubuk Linggau 2015.

Masjid ini dilengkapi dengan Taman Kurma. Pohon kurmanya didatangkan langsung dari Arab. Selain itu, Masjid ini juga dengan air mancur serta nantinya dilengkapi juga menara kapsul.

Nah, buat kamu yang berkunjung dan beribadah di masjid ini, kamu bisa mengunjunginya berdasarkan alamat di bawah ini.

Jl. Garuda, Ps. Permiri, Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31613

2. Bukit Sulap

Bukit Sulap menjadi ikon wisata alam di Sumatera Selatan, mengingat letaknya yang berada di kawasan Hutan Nasional. Dari puncak Bukit Sulap di ketinggian 700 mdpl, kita bisa melihat pemandangan Lubuklinggau.

Bukit Sulap menjadi tujuan favorit wisatawan di Lubuklinggau, karena letaknya sangat mudah untuk diakses, yakni berada di dalam kota. Nuansa alam dan hutan yang asri seakan menjadi paru-paru bagi warga Lubuklinggau.

Untuk ke puncak bukit, wisatawan bisa naik menggunakan kereta miring dengan rel sepanjang 400 meter. Trek sepanjang 260 meter miringnya 22 derajat dan trek 140 meter miringnya 35 derajat.

Untuk menuju puncak menggunakan jalur kereta miring, wisatawan cukup memarkirkan kendaraan di shelter A, atau dapat juga melalui jalur sepeda dan berjalan kaki.

Saat libur tiba seperti long weekend Hari Buruh mendatang, Bukit Sulap akan ramai dikunjungi wisatawan dari Kota Lubuklinggau maupun Bengkulu yang merupakan provinsi tetangga.

Bukit ini menyimpan banyak misteri yang menjadikan wisatawan penasaran. Benarkah dinamai Bukit Sulap karena sering menghilang atau ada hal lain?

Bagaimana? membuat kita menjadi penasaran bukan? Buat kamu yang mau berkunjung ke Bukit Sulap berikut alamatnya

Jl. Bengawan Solo No.RT 10, Ulak Surung, Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31617

3. Air Terjun Temam

Ini Air terjun pertama yang pernah saya kunjungi. Dan kesannya memang sangat menyegarkan. Suara air, desah desuh angin, dedaunan yang berlomba-lomba memanjakan mata, lebih dari sekadar untuk dijadikan alasan mengapa kita harus mengunjungi tempat ini.

Air Terjun Temam merupakan salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi para wisatawan ketika berkunjung ke Lubuk Linggau.

Banyak yang menyebut air terjun ini adalah Air Terjun Niagara Mini yang berada di Amerika Serikat. Oleh karena itulah mengapa Air Terjun Temam disebut juga “Niagara Lubuklinggau”

Dilansir dari republika.co.id Air Terjun Temam akan berubah warna ketika malam hari.

“Ada lampu warna-warni di bawah air terjun. Kalau malam kelihatan cantik,” ujar salah satu pekerja yang akrab disapa sebagai ‘Ibu Supri’ saat ditemui Republika.co.id di Air Terjun Temam, Rabu (10/1).

Bagaimana? menarik untuk dikunjungi bukan?

Kec. Rahmah, Lubuk Linggau Selatan I, Rahmah, Lubuk Linggau Sel. I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31625

4. Air Terjun Takli

Air Terju Takli masih murni keindahanya belum banyak yang tahu dan berkunjung ke lokasi tersebut,dengan kondisi jalan yang sepi dan akses menuju ke puncak yang sangat terjal penuh dengan bebatuan tajam.

Untuk mencapai air terjun ini, tidak bisa dengan kendaraan, kita akan berjalan kaki menyusuri bukit, tapi rasa capek berjalan kaki akan terbayar lunas saat sampai di lokasi

Wisatawan cukup menyewa seorang guide dari warga sekitar. Karena hampir seluruh warga sudah mengetahui jalur menuju air terjun tersebut.

Desa Belalau II, Kelurahan Lubuk Linggau Utara Satu (I), Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

5. Kampung Warna Warni

Kampung Warna-warni terbentuk atas inisiatif ibu-ibu kelompok PKK di kelurahan Lubuklinggau Ulu, Lubuklinggau Barat II. Kemudian dibantu oleh dinas terkait dan didukung langsung oleh Walikota, sehingga terbentuklah tempat wisata baru.

Ratusan rumah penduduk di Kelurahan Lubuk Linggau Ulu, Kecamatan Lubuk Linggau Barat II, dipermak dengan cat warna-warni dan dihias mural yang kreatif. Tidak hanya rumah, jalan pun dicat beraneka warna.

Jl. Depati Said, Lubaklinggau Ulu, Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31613

6. Air Terjun Curug Layang

Air terjun Curug Layang merupakan salah satu air terjun yang sangat menantang di Lubuk Linggau. Memiliki ketinggian 6 m dihiasi oleh batu-batu alam dan batuan cadar berbentuk gua alam yang terbentuk akibat kikisan air sungai sehingga terlihat begitu alami.

Air terjun yang ini juga menjajikan arung jeram yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Suasana alam yang belum terjamah tapi terjamin benar-benar disajikan di sini.

Kelurahan Jukung, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan

7. Watervang Lubuk Linggau

Dilansir dari wikipedia, Watervang adalah kelurahan yang berada di kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Indonesia. Nama kelurahan ini diambil dari sebuah bendungan buatan Belanda yang berada di Sungai Kelingi. Dalam bahasa Belanda, nama Watervang berarti “tangkapan air”

Bendungan Watervang awalnya untuk pengairan diwilayah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musirawas.

Namun lokasinya yang strategis ditengah kota, dan pemandangan alamnya yang cukup asri, membuat lokasi ini juga kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah.

Kelurahan Watervang Kecamatan Lubuklinggau Timur I

8. Arung Jeram Watervang

Sudah berkunjung ke Lubuk Linggau tapi tidak bermain Arung Jeram Watervang rugi sekali rasanya.

Perahu karet, dayung, serta perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan pelindung kepala sudah disiapkan.

Arus yang deras di sungai ini menciptakan tantangan tersendiri untuk dinikmati. Adrenalin terpacu saat perahu melewati bebatuan penghias sungai akan terasa sulit untuk pemula.

Sungai Kelingi, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan

9. Air Terjun Sando

Air Terjun Sando ini tak begitu besar jika dibandingkan dengan air terjun lain yang berada di Lubuklinggau dan sekitarnya. Tapi ini menjadi kelebihannya, karena kamu bisa benar-benar mandi di bawah air terjun dengan nuansa yang masih sangat alami.

Konon, katanya Air Terjun Sando merupakan tempat mandinya para raja. Berminat untuk berkunjung kesini bukan? Buat kamu yang mau berkunjung dan mandi di Air Terjun Sando, kamu bisa berkunjung melalui alamat berikut ini.

Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat 1

10. Air Terjun Pelegan

Air Terjun Pelegan mempunyai ketinggian ± 20 m dan kedalaman ruangan air terjunnya ± 12 m yang dikelilingi oleh batu-batuan alam. Air terjun ini berada di perkebunan karet penduduk Air Temam dan Rahma.

Blok 51 RT 7, Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Propinsi Sumatera Selatan.

11. Air Terjun Curug Leko

Air Terjun Curug Leko cukup menarik untuk sekedar mnjadi tempat wisata, jarak tempuh yg tidak terlalu jauh dari pusat kota dan jalan sudah aspal mulus.

Sungai yang sangat jernih, dengan aria deras membentuk air terjun yang sangat indah, walaupun tidak terlalu tinggi, namun tetap menawan dengan pemandangan alam yang masih alami, dan Serta derasnya air terjun tersebut, bahkan para wisatawan bisa mandi sepuasnya.

Kelurahan Jukung, Kota Lubuklinggau

12. Gubug Makan Mang Engking

Buat kamu yang mau memanjakan keluarga dengan mengajaknya makan bersama, Gubug Makan Engking bisa menjadi tempatnya.

Gubug Makan Mang Engking, menyediakan konsep restoran bertajuk alam pedesaan. Tersaji pula hidangan utama masakan dengan citarasa khas nusantara.

Deni Ramdhani adalah seorang manajer restoran asal Sunda. Ia berhasil mengembangkan  cabang bisnis waralaba restoran Gubug Makan Mang Engking. Arsitektur gubug makan ini, terkenal dengan konsep restoran yang bertajuk alam pedesaan.

Bagaimana? tertarik untuk berkunjung kesini?

Jl. Jend. Sudirman, Siring Agung, Lubuk Linggau Sel. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31625

13. Museum Subkoss Garuda Sriwijaya

Salah satu tujuan di bangunnya Monumen Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai juang dan kepahlawanan para pejuang kemerdekaan pada masa revolusi fisik tahun 1947-1949.

Pada waktu itu Kota Lubuklinggau merupakan pusat Pemerintahan sipil dan Pusat Komando Tertinggi TNI untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan yaitu Sub Komando Sumetara Selatan (Subkoss).

Monumen ini dibangun pada tahun 1986 oleh pemerintah Kabupaten Musi Rawas atas prakarsa Gubernur KDH TK.I Sumsel H. Sainan Sagiman, dan diresmikan dengan ditandai penandatanganan Prasasti Monumen oleh Gubernur KDH TK.I Sumatera Selatan H.Sainan Sagiman pada tanggal 13 Februari 1987.

Jl. Subkoss No. 1 – 2 Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

14. Makam Bujang Kurap

Konon, Bujang Kurap masih termasuk dalam garis keturunan Datuk Saribijaya dan Putri Sari Banilai. Datuk Saribijaya adalah salah seorang depati dari Kerajaan Pagarruyung, sementara Putri Sari Banilai adalah putri dari Kerajaan Melayu Bangko

Bujang Kurap yang suka mengembara akhirnya berhenti mengembara setelah ia tiba di Desa Ulak Lebar di kaki Bukit Sulap, yang sekarang berada di Kota Lubuk Linggau.

Desa Ulak Lebar adalah satu-satunya desa rantauan Bujang Kurap dimana penduduknya menahan dia dari melanjutkan perjalanan. Bujang Kurap pun menghabiskan waktu hidupnya disana hingga akhir hayat, mengajarkan silat dan kuntau bagi penduduk asli dan orang-orang datangan.

Bukti fisik keberadaannya di Ulak Lebar berupa empat buah kuburan dan menhir yang ada di kaki Bukit Sulap, dimana tiga kuburan selain milik Bujang Kurap dipercaya sebagai milik pengikut Bujang Kurap semasa hidupnya.

Selain berziarah, para wisatawan juga bisa mempelajari sejarah dari si pahit lidah dan si bujang kurap ini.

Bagaimana? menarik sekali bukan?

Desa Ulak Lebar, Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31614

15. Jamso Lubuklinggau

Jamso merupakan sebuah bangunan bersejarah yang sangat populer di Lubuklinggau. Untuk kamu yang menyukai tempat bersejarah kamu bisa mencoba berkunjung ke Jamso Lubuklinggau dan berfoto ria.

Daerah Moneng Sepati, Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan

16. Sungai Siring Agung

Sungai Siring Agung lumayan lebar jika dibandingkan sungai-sungai lain yang berada di kawasan kota lubuklinggau. Menurut informasi warga sekitar, Sungai Siring Agung memiliki air yang jernih dan tergolong bersih.

Letak siring agung lumayan mudah dijangkau karena tepat di samping jalan poros antara simpang priuk dengan megang sakti.

Kelurahan tanah priuk, kecamatan lubuklinggau selatan II

17. Suban

Bagi kamu yang ingin merelaksasi diri, Suban bisa menjadi pilihan. Suban adalah sebuah tempat pemandian air panas yang banyak diminati. Lokasinya bisa di jangkau dengan perjalanan 2 jam dari Bengkulu.

Selain sebagai tempat pemandian air panas, di Suban kita juga bisa melihat berbagai macam flora dan fauna yang jarang kita lihat di tempat lain.

Cawang Baru, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu 39119

18. Sungai Kelingi

Buat kamu yang suka dengan adrenalin, kamu bisa mengunjungi sungai kelingi. Sungai Kelingi memiliki panjang 70 kilometer dan lebarnya berkisar 50-70 meter dengan ketinggian sekitar 40 meter dari permukaan laut. Selain di Lubuklinggau.

Sungai Kelingi berada di tepi Bukit Sulap. Sungai ini juga mengalir di Kabupaten Musirawas. Tepatnya, di Muara Kelingi. Sungai ini berhulu di Bukit Barisan yaitu di Rejang Lebong, Bengkulu. Bermuara ke Sungai Beliti yang kemudian mengalir ke Sungai Musi.

Tapak Lebar, Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31613

Nah itulah daftar Destinasi Wisata yang ada di Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan.

Jika kamu tertarik, mari berkunjung ke Lubuk Linggau dan nikmati keindahannya.

Total
4
Shares
Join the discussion

3 × 1 =

2 comments

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.