Cara Saya Mencegah dan Mengatasi Writers Block

Cara Saya Mencegah dan Mengatasi Writers Block

Writer’s Block? oh, sangat menjengkelkan. Ketika kita memiliki beberapa deadline yang harus dituntaskan, tiba-tiba kondisi semacam ini datang dengan seenaknya. Lebih-lebih kita punya waktu yang tidak bisa diajak berhenti.

Apa itu Writer’s Block?

Istilah writer’s block pertama kali diperkenalkan oleh psikoanalisis Edmund Bergler sebagai “a neurotic inhibition of productivity in creative writers.” Kelihatannnya sederhana, namun bagi penulis yang mengalaminya, writer’s block sama sekali tidaklah pernah sederhana.

Dilansir dari Wikipedia Writer’s Block adalah suatu kondisi di mana seorang penulis kehilangan kemampuan untuk menghasilkan tulisan atau karya baru. Hilangnya kemampuan untuk menulis dan mengalami penurunan kekreatifan

rlf.urg.uk menyebutkan bahwasahnya Writers’ Block adalah kegagalan sementara atau abadi untuk menuliskan kata-kata. Itu bisa mengenai setiap penulis, jika hanya beberapa menit atau satu atau dua hari, tetapi itu menjadi masalah nyata ketika penulis tidak mencapai target dan ketika mereka merasa tidak mampu menyelesaikan pekerjaan.

Sementara itu ThoughtCo menyatakan bahwa Writers’ Block adalah suatu kondisi di mana seorang penulis yang terampil dengan keinginan untuk menulis menemukan dirinya tidak dapat menulis.

Sederhananya, kita bisa memahami bersama-sama bahwasahnya

Writer's Block adalah kondisi di mana seseorang merasa tidak bisa menulis, seperti stuck ide, stuck dalam merangkai kalimat, dan lain sebagiannya. Click To Tweet

Writer’s block bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya seperti kekurangan inspirasi, sifat perfeksionisme, kekhawatiran akan opini orang, hingga keraguan dalam diri sendiri.

Saya pribadi pernah mengalami writer’s block. Bahkan cukup sering. Mengingat saya harus tetap menulis untuk bingungonline.com─islamiah.id-hingga naskah saya. Yang mana, jelas-jelas tidak ada salah satupun di antara ketiganya yang memiliki kesamaan tema.

Tetapi lambat laun, saya mulai melihat bahwa writer’s block bukan hanya sekadar keadaan stuck dalam menulis.

Writer’s Block bisa lebih dari pada itu.

Maksud saya, dalam beberapa keadaan─writers block justru adalah kondisi di mana terdapat sebuah ide gila dan brilian. Yang mana, memang memerlukan pemantik untuk menghidupkan apinya, pemancing untuk menangkap ikannya. Dalam artian yang jelas, kita butuh upaya keras untuk mengeluarkan ide tersebut dan membiarkan dia menguasai arena tulisan kita.

Oleh sebab itulah, saya memutuskan untuk tidak mau kalah dengan diri saya yang berhenti menulis dan terus-terusan memandangi layar HP.

Dan, saya menemukan metode saya sendiri untuk mencegah sekaligus mengatasi writers’block yang saya alami.

Melalui tulisan ini, saya akan membagikannya. Barangkali akan berguna untuk kamu. (meski saya ragu metode ini akan berguna untuk orang lain)

Mengatasi dan Mencegah Writers Block

Yap, kita akan bermain dengan waktu untuk melakukan metode ini.

Pertama-tama, siapkan lah waktu penghitung mundur. Bisa menggunakan Handphone, Arloji, atau lain sebagiannya. Yang jelas, usahakan setelah waktu penghitung mundurnya selesai, ia akan mengingatkan dengan berbunyi atau bergetar.

Saya pribadi mengatur waktunya lima menit, seperti gambar di atas.

Setelah penghitung mundurnya selesai kita atur. Sekarang siapkanlah alat tempurnya.

Jika kamu menulis dengan laptop/komputer, hidupkan dan buka lah software untuk menulisnya.

Jika dengan tulisan tangan, persiapkanlah buku dan penanya.

Selain itu juga, siapkanlah buku bacaan. Bisa buku apa saja, tapi untuk metode ini─saya lebih sering menggunakan buku fiksi, novel-novel thriller kesukaan saya.

Mari kita mulai menghidupkan penghitung mundurnya. Untuk 5 menit pertama, kita bisa mengisinya dengan menulis. (bebas, kamu bisa memulainya dengan membaca terlebih dahulu.)

Kamu tidak akan merasakan terlalu banyak efek di 5 menit pertama ini. Jadi mari kita biarkan dia berlalu terlebih dahulu, nikmati setiap kalimat yang kamu racik.

Setelah 5 menit pertama habis. Buka buku mu, dan mulai lah membacanya.

5 menit kedua habis, lanjut menulis. Habis lagi, mulai membaca lagi. Begitu juga seterusnya.

Pastikan kamu mengabaikan kata “tanggung”

Ketika menggunakan metode ini, kamu akan mendapati dan secara spontan akan menuturkan kata “tanggung”

“Ah, tanggung. Satu kalimat lagi halaman selanjutnya nih.”

“Aduh kenapa bunyi sekarang sih, tanggung, lagi asik-asiknya baca.”

Percayalah, hal yang membuat metode menjadi asik adalah ketanggungan itu sendiri.

Maksudnya, ketika kamu sedang asiknya menulis dan begitu damai rasanya, tiba-tiba penghitung mundurnya berbunyi. Hilangkan lah rasa tanggung itu, kamu harus belajar konsisten dengan komitmen yang telah kamu buat.

Tinggalkanlah tulisanmu, sekarang saatnya kamu membaca. Dan apabila 5 menitnya habis lagi, tinggalkanlah sejenak dunia dari cerita itu. Sekarang saatnya kamu menciptakan dunia mu lewat tulisanmu.

Jangan pernah menuruti rasa tanggung itu dengan memanjakannya. Sehingga kamu mencuri waktu 5 menit yang lainnya.

Rasa tanggung itu akan membuat kamu penasaran dan tidak sabar mengetahui apa yang bisa kamu lakukan selanjutnya dari masing-masing kegiatan.

Oleh sebab itulah, kunci dari permainan ini adalah, jangan pernah memakan waktu 5 menit yang lainnya.

Saya cukup nyaman dengan cara ini, dan terbukti pernah menghilangkan writer’s block saya.

Untuk saya yang mudah bosan melakukan sesuatu, cara ini juga mengurangi mudah bosan itu juga.

Saya tidak tahu, apakah hal ini akan berguna untuk orang lain atau tidak. Tapi yang jelas, inilah cara saya. Dan ini jugalah kegiatan saya selama ini.

Saya ketagihan dengan permainan 5 menit ini. Dan ini juga alasan mengapa saya suka tidak tidur di malam hari.

“Tidur kadang buang-buang waktu.”

Bagaimana dengan cara mu? apakah kamu akan menggunakan metode ini? Saya akan senang membaca komentarmu di bawah.

“Cara mengalahkan writer’s block adalah dengan menulis.” 

Jeff Goins, Penulis Real Artists Don’t Starve
Written by
Tri Bintang Utama
Join the discussion

four × five =

2 comments

Tri Bintang Utama

Founder of Islamiah.id
Founder of Bingungonline.com

Pinterest Profile