Search
Alasan Mengapa Toko Online Cepat Berkembang

Alasan Mengapa Toko Online Cepat Berkembang

Alasan Mengapa Toko Online Cepat Berkembang

Amazon saat ini masih menjadi rajanya toko online dunia. Kesuksesan Jeff Bezos tentunya mengundang orang-orang untuk turut membuka Toko Online. Bukan tanpa alasan, saya rasa memang sudah menjadi masanya dimana Toko Online menjadi hal yang tepat untuk hijrah dan mengembangkan bisnis kita.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menuliskan Alasan Mengapa Orang Lebih Suka Belanja di mall . Salah satu alasannya adalah Mall menjadi tempat yang nyaman dalam berbelanja.

Mengingat perkembangan zaman yang menuntut manusia terus mendatangkan pembaharuan, saya rasa tidak menutup kemungkinan kenyamanan tersebut akan diambil alih oleh Toko Online.

Yang menjadi faktor orang-orang membatalkan belanjaan dikeranjang Toko Onlinenya adalah jangka waktu pengiriman dan biaya pengirimannya. Apabila hal ini mampu diperbaiki, saya rasa Toko Online akan semakin digemari masyarakat.

Nah, di tulisan ini saya akan berbagi opini saya untuk jawaban dari pertanyaan tersebut.

Alasan Mengapa Toko Online Cepat Berkembang

1. Siklus Zaman

Perkembangan zaman yang terus menghadirkan pembaharuan berdampak pula pada sistem jual beli. Toko Online menjadi sebuah perkembangan zaman yang cukup diberani-beranikan.

Tahun 1990 Tim Berners-Lee menciptakan browser web WorldWideWeb atau yang selama ini kita kenal dengan www yang mengubah jaringan telekomunikasi akademik menjadi sistem komunikasi untuk semua orang setiap hari secara mengglobal yang dikenal dengan nama Internet.

Pada awalnya penggunaan Internet bertujuan komersial dilarang dengan keras. Ini dikarenakan adanya larangan commercial network traffic oleh National Science Foundation’s (NSFNET) yang merupakan backbone Internet.

Tahun 1991 NSF menghapus larangan untuk tujuan komersial dan saat itulah membuka jalan bagi electronic commerce (e-commerce). Hanya saja, tidak semua kebijakan mengenai komersial dicabut. Baru pada tanggal 30 April 1995, batasan komersial yang paling terakhir dicabut.

Jika menelusuri sejarah, maka Pizza Hut-lah yang menjadi perusahaan paling pertama mendirikan toko online. Mereka menyediakan fasilitas pemesanan online atau pengiriman ke rumah untuk testing pada tahun 1994 di Santa Cruz, California.

Pada tahun 2007 seluruh daerah sudah mendapatkan opsi dalam sistemnya. Pada akhir tahun 2000, banyak perusahaan Eropa dan Amerika menyediakan fasilitas pelayanan melalui World Wide Web. Semenjak saat itulah, orang mulai mengasosiasikan istilah “ecommerce” sebagai kemampuan untuk membeli berbagai produk melalui Internet.

Jika kita membaca beberapa paragraf di atas yang bersumberkan di computesta.com yang menjadi salah satu alasan mengapa Toko Online cepat berkembang adalah tuntutan zaman yang menginginkan sesuatu pembaharuan dengan mencakup secara global dan lebih mudah.

Intinya, toko online cepat berkembang memang sudah dalam siklusnya.

2. Memanjakan Manusia

Setiap manusia mempunya titik manjanya masing-masing. Dan toko online merupakan salah satu cara memanjakan manusia. Dengan toko online, kita tidak perlu jauh-jauh pergi untuk membeli suatu barang, apalagi jika rumah kita jauh dari hingar bingar kota.

Dengan tidak perlu jauh-jauh pergi, manusia tidak perlu membuang-buang tenaganya dengan berjalan kesana kemari.

Et, tapi kita masih perlu bayarnya di luar kan?

Kata siapa? sudah banyak fintech yang berkembang dan berkerja sama dengan beberapa toko online. Kita bisa membayar menggunakan Go-Pay, OVO, Kredivo, dan beberapa fintech lainnya.

Tampilan produk yang bermacam-macam menjadi salah satu alasan mengapa toko online mampu membuat manusia dimanja.

Kita bisa memilih tanpa harus naik turun tangga.

Untuk sementara mungkin cukup segitu dulu, kedepannya bakal ada tambahan. Atau kamu punya opini lainnya mengenai alasan mengapa toko online cepat berkembang? tambahkan di komentar ya

Total
0
Shares
Join the discussion

11 − 2 =

2 comments
  • Menurut pendapatku nih ya …, kenapa toko online bisa berkembang cepat, itu karena adanya visualisasi gambar produk.

    Kita tinggal duduk, nyekrol layar lihat gambar-gambar menarik, terus adanya kemudahan memesan produknya.

    Tinggal nunggu, barang yang dipesan ngga pakai lama da5ang kerumah

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.